Jenis Jenis Batu Alam Untuk Taman Yang Menarik
Jenis Jenis Batu Alam Untuk Taman Yang Menarik

Jenis Jenis Batu Alam Untuk Taman Yang Menarik - Dari hari ke hari jumlah permintaan kebutuhan batu alam semakin bertambah. Tidak jarang beberapa pabrik batu alam kehabisan stock untuk memenuhi kebutuhan para peminat batu. Permintaan tersebesar datang dari daerah pulau jawa seperti ibu kota Jakarta, Daerah Istimewa Jogjakarta, Purwodadi dan Semarang. Tidak hanya dari pulau jawa saja, Permintaan batu alam juga datang dari luar pulau. Contohnya Sumatera, Bangka, Bali bahkan Papua dan seluruh pulau-pulau di Indonesia.


Sebelum anda memilih batu alam untuk taman anda. Perlu anda ketahui, ada tujuh jenis batu alam yang dibedakan menjadi dua jenis batuan. Pengolongan ini disesuaikan dengan proses terbentuknya dan material pembentuk batu alam tersebut. Dua golongan tersebut adalah batuan sandstone (batu pasir) dan batuan lavastone (batu lava). Dari namanya kita tahu bahwa sandstone terbentuk dari proses sedimentasi butiran-butiran pasir yang membeku. Sedangkan lavastone terbentuk dari lava gunung berapi yang membeku.

Karakter keduanya juga berbeda. Batuan sandstone memiliki sifat yang padat dan memiliki pori-pori kecil. Sedangkan lavastone lebih keras dari batuan sandstone namun ada yang berpori-pori kecil seperti batu andesit da nada yang berpori-pori besar seperti batu candi.

Berikut 7 Jenis Batuan Alam Yang Menarik

1. Batu andesit (lavastone)
Batu andesit memiliki dua jenis. Yaitu batu andesit bintik dan batu andesit polos. Batu andesit keras, tidak berbekas jika digores tepat diaplikasikan pada eksterior taman anda. Baik dibagian dalam atau di dinding pagar. Warna dari batu andesit yang cenderung gelap menampilkan kesan elegan.

2. Batu candi merah (lavastone)
Kebanyakan batu candi memiliki warna hitam. Pada candi-candi di Indonesia menggunakan batu candi untuk komponen utama pada bangunan. Namun ternyata terdapat batu candi yang berwarna merah. Tepatnya bewarna merah hati. Batu candi berwarna merah jika memiliki sifat keras seperti batu candi hitam lainnya. Selain itu yang membedakan batu candi dengan batu lainnya adalah batu candi memiliki pori-pori yang besar. Dengan pori-pori ini membuat batu candi mudah menyerap air.  Hal ini memudahkan memicu pertumbuhan lumut yang dapat merusak tekstur batu ini. Untuk taman anda, batuan candi bisa dipasang di bagian dinding pagar.

3. Batu palimanan (sandstone)
Berdasarkan warna jenisnya batu palimanan dibedakan menjadi tiga. Yaitu batu palimanan kuning (cream palimo), batu palimanan putih (white palimo) dan batu palimanan emas (golden palimo). Batu ini memiliki sifat yang agak lunak dan padat serta terdapat serat di permukaannya.

4. Batu cupang merah (sandstone)
Batuan ini merupakan jenis batuan yang langka dan unik. Warna aslinya merah muda. Akan berubah menjadi warna merah ketika diberikan cat pelapis atau coating yang tepat. Jenis batuan ini sangat tepat diaplikasikan pada taman anda.

5. Batu putih (sandstone)
Batu putih memiliki tampilan seperti batu paras Jogja namun teksturnya lebih kuat dan padat. Warnanya yang putih terang,membuat batu satu ini harus dirawat secara rutin agar tampilannya tetap natural dan bersih. Batu ini cocok untuk anda yang menginginkan taman dengan kesan vintage ala Eropa klasik.

6. Batu putih cacing (sandstone)
Pada dasarnya batu satu ini memiliki tekstur yang sama dengan batu alam putih. Namun batu putih cacing memiliki corak lebih hitam di permukaannya. Jenis batu putih cacing terbentuk karena mengalami proses sedimentasi dari butiran pasir yang bermetamorfosis. Selain itu batu jenis ini sangat tepat jika anda menginginkan suasana yang lebih hidup pada taman anda.

7. Batu palem (sandstone)
Batu ini memiliki segi tekstur dan corak yang mirip dengan batu palimanan. Maka tidak jarang banyak orang yang sulit membedakan batu ini dengan batu palimanan. Cara membedakannya anda cukup mengamati warnanya. Batu palimanan berwarna lebih kuning sedangkan batu palem lebih dominan berwarna kecoklatan.

Itulah beberapa jenis batu yang cocok untuk menghiasi taman anda. Hampir semua jenis batu alam cocok dijadikan hiasan taman anda. Namun semua kembali pada selera masing-masing orang dalam memilihnya. Semoga artikel ini bermanfaat bagi anda yang sedang mencari referensi untuk membuat taman. Sekian.

Berlangganan Artike Terbaru :

0 Response to "Jenis Jenis Batu Alam Untuk Taman Yang Menarik"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel